Rabu, 12 Oktober 2011

”MEDIA PROMOSI CETAK DI PERCETAKAN GO DESIGN SEMARANG”.


A.          Latar Belakang

Dalam dunia bisnis, promosi di segala bidang usaha merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu produk yang dapat dikatakan penting karena dapat memberikan informasi kepada konsumen tentang produk sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan baik berupa barang maupun jasa. Promosi dengan menggunakan berbagai bentuk dapat mencerminkan tema penjualan secara spesifik mengenai jenis produk, harga dan waktu.
Setiap jenis media promosi mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga harus dipertimbangkan dalam memilih media yang akan digunakan. Salah satu media promosi adalah brosur, X banner, spanduk, dimana media ini berperan sebagai sumber informasi yang diharapkan mampu mempengaruhi calon konsumen dalam memilih produk. Disamping itu ketiga media tersebut juga memiliki beberapa keunggulan yaitu selain bentuknya ringkas, sasaran juga dapat memilih suasana dan saat yang tepat untuk membacanya, dapat dibaca secara berulang-ulang, bisa disimpan sehingga dapat dibaca kembali bila dibutuhkan dan dapat menjangkau sasaran dalam jumlah relatif banyak pada posisi yang menyebar. Brosur, X banner dan spanduk menampilkan gambaran produk dan informasi yang memiliki daya tarik visual terhadap calon konsumen. Isi dalam media cetak ini dapat berupa gambar seperti foto dan logo perusahaan, kata dan elemen-elemen grafis lain.
GO DESIGN yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang melayani konsumen dalam pembuatan foto pre wedding, documentary, journalism, candid, videography yang beralamat di Jln Thamrin No 65 Semarang. Beberapa media promosi yang digunakan oleh GO DESIGN adalah brosur dan spanduk.
Berdasarkan pengamatan yang ada, perusahaan ini sebenarnya sudah cukup lama berdiri. Hanya saja GO DESIGN selain letaknya yang kurang strategis (di tengah-tengah pemukiman penduduk) juga memiliki kekurangan yaitu belum digunakannya X banner, brosur sebagai media promosi yang kurang menarik, sehingga perusahaan ini kurang dikenal oleh masyarakat luas, hanya terbatas pada masyarakat sekitar saja, serta spanduk  yang terdahulu telah rusak. Karena media promosi yang kurang menarik, hal ini membuat masyarakat juga kurang mengetahui produk-produk apa saja yang ada pada GO DESIGN, sehingga masyarakat umum enggan untuk menggunakan jasa pada perusahaan tersebut.
Berdasarkan pemikiran dan pertimbangan tersebut maka penulis tertarik untuk membuat Laporan Skripsi dengan judul ”MEDIA PROMOSI CETAK DI PERCETAKAN GO DESIGN SEMARANG”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar