Rabu, 12 Oktober 2011

SISTEM INFORMASI BIAYA PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT


1.1.        LATAR BELAKANG.
Bidang pelayanan kesehatan adalah bidang yang berkaitan erat dengan masyarakat luas yang memberikan layanan kesehatan. seperti pada bidang lainya, yang sebaik-baiknya kepada masyarakat yang membutuhkanya. Rumah sakit Roemani Muhammadiyah adalah sebuah rumah sakit swasta yang bergerak pada  bidang layanan kesehatan.
demikian banyaknya masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, tentunya pada layanan Rawat inap maka pihak rumah sakit Roemani Muhammadiyah senantiasa diharapkan pada permasalahan percepatan dan ketepatan dalam pelayanan. dalam memanfaatkan data dan informasi yang mulai dari proses perencanaan sampai tingkat pengendalian. keadaan seperti ini yang mendorong suatu perusahaan dituntut untuk menyediakan data dan informasi yang cepat , tepat dan akurat, sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. hal semacam ini sangat penting bila dikaitkan dengan semakin kompleknya data dan persaingan antar sesama usaha yang sejenis baik didalam negeri atau diluar negeri.
         Untuk itu sangat diperlukan system pelayanan pasien rawat inap yang berbasis komputer guna mendukung peningkatan kwalitas layanan pasien,. salah satu alternatif bagi masyarakat semarang dan sekitarnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, Rs.Roemani yang dulunya masih menggunakan sistem manual namun sejalan dengan perkembangan yang sangat pesat baik dari segi fisik (peningkatan prasarana perawatan) atau non fisik (pelayanan pada pasien). untuk meningkatkan pelayanan pada pasien Rumah sakit dituntut untuk menyelengarakan sistem informasi administrasi Rawat inap atau sistem informasi           pengelolaan rawat Rawat inap  yang mampu menyediakan informasi yang lebih cepat dan akurat tentunya dengan sistem komputerisasi yang bisa diandalkan.
kelebihan dan kecepatanya pekerjaan ini akan dapat diselesaikan dengan segera. Disamping energi yang dikeluarkan untuk mengerjakan terlalu besar.
Penggunaan komputer dalam system pengolahan data akan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dengan baik dan banyak memberikan keuntungan-keuntungan bagi pemakai oleh karena itu penulis menetapkan judul:
“SISTEM INFORMASI BIAYA PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar