Rabu, 12 Oktober 2011

SISTEM INFORMASI PERHOTELAN BERBASIS WEB


A.     Latar Belakang
Saat ini pemanfaatan teknologi komputer dalam berbagai bidang usaha memang sudah menjadi suatu keharusan dimana informasi di seluruh dunia dapat diperoleh dengan cepat dan akurat. Semakin meningkatnya kebutuhan akan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan data, maka para pengembang harus banyak memperhatikan kebutuhan pasar. Peningkatan kinerja perangkat keras, terutama dengan ditemukannya teknologi procesor berkemampuan tinggi, ini menunjukkan kecenderungan bahwa kemampuan kerja perangkat keras mengikuti perubahan kemampuan kerja perangkat lunak. Oleh karena itu para pengembang pada masa sekarang ini tidak terlalu kesulitan untuk mengembangkan perangkat lunak yang berkemampuan tinggi dan berdaya guna tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Ketika perangkat keras terutama teknologi jaringan komputer belum berkembang, sistem single user masih mendominasi di tiap-tiap perusahaan. Namun mulai saat ini baik pengolahan data, pemesanan serta informasi tak terbatas sudah menerapkan konsep berbasis web.
            Hotel LESUNG BATU yang terletak di kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, pada saat ini tingkat hunian pada hotel LESUNG BATU mengalami peningkatan untuk itu pihak hotel ingin memberikan pelayanan yang lebih kepada konsumen.
Sistem Informasi Perhotelan Berbasis Web pada hotel LESUNG BATU Tenggarong sangatlah penting sebab di era globalisasi sekarang ini sangat dibutuhkan kecepatan dalam memperoleh informasi jarak jauh dan masyarakat ingin melakukan transaksi yang cepat (pemesanan kamar) sehingga cukup membantu masyarakat yang ingin melakukan reservasi kamar, karena pada saat ini informasi yang diberikan hanya melalui brosur atau iklan pada surat kabar sedangkan pada sistem pemesanan kamar masih melalui telepon atau calon penyewa datang langsung ke hotel.
Adanya internet para pelaku usaha terutama perhotelan dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan kegiatan usaha mereka kepada para konsumen tanpa dibatasi oleh letak suatu wilayah dan waktu akses melaui situs web. Hal tersebut yang menjadikan pertimbangan dalam mengambil judul “SISTEM INFORMASI PERHOTELAN BERBASIS WEB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar