Rabu, 12 Oktober 2011

SISTEM KOMPUTERISASI INVENTORY SPAREPART


A.                Latar Belakang
Dalam era globalisasi yang sangat pesat ini perkembangan teknologi dan peralatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan tidak akan berfungsi tanpa adanya peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai penggeraknya. Manusia merupakan faktor utama, tanpa sumber daya manusia yang baik tidak mempengaruhi produktivitas kerja perusahaan sesuai yang kita inginkan.
Seiring dengan hal tersebut perkembangan kehidupan dunia yang mengalami peningkatan dan kemajuan yang sangat pesat baik ilmu pengetahuan maupun teknologi. Perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan sudah memanfaatkan komputer untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Selain itu dimanfaatkan sebagai pendukung pengolahan keuangan suatu perusahaan.
CV. Agung Motor Yamaha yang terletak di jalan Raden Patah No. 203 Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa servis motor. Perusahaan ini dijalankan oleh beberapa karyawan dalam pengelolaan usaha. Perusahaan tersebut milik Bp. Ardjianto Irwanto dan mempunyai karyawan sebanyak 8 orang yaitu Kepala Bengkel dipegang 1 orang, Kepala Mekanik                  1 orang, Mekanik 2 orang,  Administrasi dipegang 1 orang, Gudang dipegang              1 orang dan 1 orang Office Girl.
Sistem pencatatan barang spare part yang masuk masih menggunakan pencatatan pada buku laporan pada sekarang ini, setiap ada barang yang masuk ataupun barang yang keluar karyawan menulis di dalam sebuah buku besar yang nantinya sebagai catatan dan laporan setiap bulannya. Sedangkan dalam perhitungan persediaan  barang atau pemberian informasi kepada pembeli untuk barang yang tersedia karyawan masih harus mencari ketersediaan barang dalam gudang satu persatu.
1
 
Kelemahan yang dialami CV. Agung Motor Semarang adalah dalam  penghitungan dan pencatatan keluar masuknya barang masih dengan cara menulis di sebuah buku laporan, cara ini mengakibatkan adanya kesalahan dalam penulisan  dan penghitungan jumlah stok barang dalam gudang. Sedangkan dalam pembuatan laporan karyawan mengalami keterlambatan dalam penyerahan laporan hasil transaksi selama 1 bulan.
1
 
Dalam hal ini peranan bagian persediaan barang berperan penting dalam menentukan kapan barang tersebut dapat dikeluarkan dari gudang dan kapan suatu perusahaan membutuhkan suatu barang sehingga tidak sampai kehabisan stock barang bila pelanggan memesan barang.
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas penulis mengambil judul dalam tugas akhir sebagai berikut : “SISTEM KOMPUTERISASI INVENTORY SPAREPART PADA CV. AGUNG MOTOR SEMARANG”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar